Pages

13 August 2011

Kekuatan Pertanyaan ?




Pernahkah kita menanyakan pertanyaan berikut ini kepada hati nurani kita sendiri ;
Kenapa Anda hidup?
Apa gunanya Anda hidup?
Kehidupan apa yang ingin Anda jalani?
Anda ingin akhir hidup yang seperti apa?
Gunakan kalimat yang tepat dalam bertanya, contoh ;
Mengapa saya tidak bisa melakukan ini
atau

Bagaimana saya bisa membuat ini berjalan?
Mengapa ini terjadi?
atau

Bagaimana saya bisa lakukan ini untuk membantu mengubahnya?
Mengapa saya tidak bisa mencetak uang lebih banyak?
atau

Bagaimana saya bahkan bisa lebih menambahkan nilai?
Apa yang keliru dalam hidup saya?
atau

Apa yang saya syukuri untuknya?
Ingin sebuah kehidupan yang lebih baik?
Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang akan memberdayakan, menggairahkan, mengispirasikan
Kita gunakan PERTANYAAN-PERTANYAAN yang tepat
Untuk mendapatkan JAWABAN-JAWABAN yang tepat
 
PERTANYAAN ADALAH KEKUATAN!!

Pertanyaan yang tepat akan menghasilkan jawaban yang tepat, dan jawaban yang tepat akan mengarahkan kehidupan kita menuju arah yang tepat.
Hiduplah Dengan

INSPIRASI
BERSYUKUR
CINTA
KEBERANIAN
dan tentu BERGAIRAH

Tidak ada satupun didunia ini yang tidak mungkin, bila Anda berusaha mencapainya dengan fokus dan mencurahkan segenap kekuatan dan keyakinan, Anda yakin! Anda bisa !
Sebuah pertanyaan yang tepat memiliki kekuatan mengagumkan. Setiap pertanyaan adalah pintu menuju kebenaran..dan kebenaran akan diberikan oleh Dia yang Maha Tahu..memancar dari nurani setiap orang.
Pertanyaan adalah cara yang baik untuk mengakses jawaban dari pikiran bawah sadar Anda.
Jika Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan negatif seperti, “Mengapa saya selalu seperti orang bodoh?” otak Anda akan datang dengan segala macam alasan untuk menjawab pertanyaan itu. Ini adalah sama sekali tidak membantu Anda, baik dalam situasi sekarang atau pada setiap waktu dalam hidup Anda.

Jika saja misalnya Anda bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa pulih dari kekacauan ini?” otak Anda akan memilah-milah bank memori Anda untuk datang dengan beberapa strategi untuk menebus kesalahan Anda.

Dengan kata lain, otak Anda akan selalu menghadirkan jawaban untuk setiap pertanyaan yang anda ajukan pada diri sendiri. Jawabannya belum tentu benar, tetapi otak Anda merasa berkewajiban untuk menanggapi pertanyaan Anda dan akan melakukan hal terbaik untuk dihadirkan kepada Anda dengan beberapa jenis jawaban, apakah layak atau tidak.

Bagaimana Anda bisa menggunakan fungsi otak untuk meningkatkan kehidupan Anda?
Latih diri anda untuk hanya mengajukan pertanyaan positif yang tepat.

Pertanyaan seperti “Mengapa saya begitu berbakat?” dan “Bagaimana aku bisa begitu beruntung?” akan memberikan hasil yang jauh lebih positif daripada yang mengandaikan jawaban kritis. Seringkali otak mengakui bahwa banyak pertanyaan-pertanyaan ini retoris, dengan kata lain mereka tidak benar-benar membutuhkan jawaban, tetapi dampaknya masih positif. Pertanyaan-pertanyaan menyiratkan bahwa Anda berbakat atau Anda beruntung, sehingga memperkuat dugaan itu. Dalam hal ini mereka berfungsi dengan cara yang sama seperti afirmasi.

Pertanyaan “MENGAPA”

Bertanya, “Mengapa aku selalu gagal?” pasti akan mengarah pada jawaban seperti “Karena kau pecundang!”
“Bagaimana saya bisa berhasil dalam usaha ini?” akan menyebabkan jawaban kreatif dan berguna.
Pertanyaan mengapa sering melingkar di dalam fikiran dan tidak digunakan dalam proses yang positif. Ganti mereka dengan pertanyaan-pertanyaan seperti
• Bagaimana saya bisa melakukan ini?
• Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
• Apa yang harus saya pelajari di sini?


 Pertanyaan Harian
Anthony Robbins mempopulerkan penggunaan pertanyaan dalam program yang sangat bagus , Personal Power dan Personal Power II. Tony menemukan tiga set pertanyaan: satu untuk pagi hari, satu untuk malam, dan satu set untuk digunakan ketika berhadapan dengan masalah sepanjang hari.

1. Pertanyaan Pagi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini setiap pagi untuk mengatur diri untuk hari yang positif.
- Apa yang paling saya senangi dalam hidup saya sekarang?
Bagaimana hal itu membuat saya bahagia?
Bagaimana hal itu membuat saya merasa?
(Ulangi kedua pertanyaan sekunder setelah setiap pertanyaan utama)
- Apa yang membuat saya paling bersemangat dalam hidup saya sekarang?
- Apa yang paling saya banggakan dalam hidup saya sekarang?
- Apa yang membuat saya sangat berterima kasih dalam hidup saya sekarang?
- Apa yang membuat saya menikmati sebagian besar hidup saya sekarang?
- Apa yang saya paling berkomitmen dalam hidup saya sekarang?
- Siapa yang kucintai? Siapa yang mencintaiku?

2. Pertanyaan Malam
Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan di akhir setiap hari sebelum tidur.
- Apa yang telah saya berikan hari ini?
- Apa yang saya pelajari hari ini?
- Bagaimana hari ini telah ditambahkan ke kehidupan saya?
- Bagaimana saya bisa gunakan saat ini sebagai investasi di masa depan saya?
- Apa yang saya lakukan hari ini menuju mencapai tujuan saya?
- Opsional: Tambahkan pertanyaan pagi.

3. Pertanyaan Pemecahan Masalah
Pertanyaan-pertanyaan ini membantu ketika bekerja menuju tujuan dan / atau menghadapi hambatan.
- Apa yang harus saya lakukan hari ini menuju pencapaian tujuan saya?
- Bagaimana saya bisa menjadi sukses dan menikmati prosesnya?
- Apa yang bisa saya pelajari dari pengalaman ini?
- Apa yang saya hormati dari orang ini?
- Apa yang sebenarnya lucu tentang situasi ini yang saya tidak perhatikan sebelumnya?
- Apa yang hebat dalam hidup saya sekarang?
- Bagaimana saya bisa membuat hal ini terjadi sekarang dan menikmati prosesnya?
Tiga set pertanyaan dapat dicetak dalam font besar pada lembaran kertas terpisah dan ditampilkan di ruang kerja Anda.

Pertanyaan Ultimate
Pada 1980-an, NLP co-developer Leslie Cameron Bandler-mengembangkan proses yang disebut Pelatihan Self Imperatif. Satu segmen proses melihat pertanyaan umum, sebuah pertanyaan yang mencakup segala situasi.
Contoh berikut mungkin bisa membuat prinsip lebih jelas.
Linda seorang praktisi konseling baru dan pekerja kantor paruh waktu, yang juga sedang membesarkan dua anak remaja sendirian. Terlepas dari apakah dia sedang menghadiri sebuah konferensi, mengantar anak-anaknya ke konser atau mengatur kencan makan malam dengan teman-teman, Linda biasa bertanya pada dirinya,
“Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?”

Dalam Pelatihan Self Imperatif, ia bekerja dengan terapisnya untuk mengembangkan pertanyaan baru yang lebih powerful untuk peningkatan kualitas kehidupan. Dia mengubah pertanyaan di atas dan Hasilnya adalah:
Pilihan pantas apa yang akan saya lakukan untuk memberi nilai tambah dalam hidup saya?

Hal ini membantu Linda membingkai ulang semua kegiatan dan dia akhirnya membuang segala sesuatu yang tidak beresonansi dengan pertanyaan baru.

Pertanyaan Kunci Anda
Jadi pertanyaan apa yang anda tanyakan pada diri sendiri dalam setiap situasi?
Bagaimana sikap Anda secara keseluruhan terhadap kehidupan Anda?
• Apakah kau menikmatinya?
• Apakah Anda memiliki hal-hal yang Anda syukuri?
• Apakah Anda memiliki hal-hal dalam hidup Anda bahwa Anda bangga?




No comments:

Post a Comment

Twitter Bird Gadget