Pages

11 August 2011

15 Hewan Paling...



Banyak sekali hewan-hewan di dunia ini,beragam bentuk dan rupa.Dari mulai yang paling kecil hingga yang paling besar.Paling lemah hingga paling kuat,di bawah ini sedikit saya mau berbagi beberapa jenis hewan yang mempunyai kriteria "Paling", diantara berbagai hewan yang ada di muka bumi ini.


 
Hewan Paling Besar
Paus Biru (Balaenoptera musculus)

adalah mamalia laut yang menyertai subordo Paus Balin. Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan massa 181 ton atau lebih, hal ini dipercaya menjadi hewan terbesar yang dimiliki sepanjang hidup meskipun beberapa penemuan dinosaurus secara terpisah seperti Amphicoelias fragillimus.

 

Hewan Paling Beracun


Ubur-ubur kotak (Box Jellyfish)

disebut juga tawon laut, tergolong binatang rongga (coelenterata), hidup di daerah perairan lepas pantai timur laut, Australia. Ia kerap muncul di daerah perairan laut dangkal pantai laut Queensland, dan dianggap sebagaimakhluk yang paling beracun bagi manusia yang sudah diketahui di dunia saat ini. Racun dari satu sengatan ubur-ubur ini mampu membuat manusia tidak bernyawa dalam waktu kurang dari 10 menit. Sejak 1954 tercatat sudah 5568 kasus kematian yang disebabkan hewan ini!

 

Hewan Paling Beracun (tanpa sengatan atau gigitan)


Katak Poison Dart

sama dengan binatang amfibi lainnya, kulitnya banyak mengandung kelenjar, dapat mengeluarkan cairan lengket untuk membasahi kulit sekaligus melindungi dirinya. Racun yang dikeluarkan oleh katak beracun dari Kolumbia barat, Amerika Selatan ini adalah racun paling hebat yang diketahui saat ini di dunia, hanya dengan 1/100.000 dari 1 g racunnya sudah cukup mengakibatkan satu orang mati keracunan. Katak poison dart menyimpan racun mereka di bagian kulitnya dan akan meracuni atau membunuh mahkluk lain yang menyentuh atau memakannya. Katak ini mungkin adalah mahluk paling beracun di dunia tanpa sengatanatau gigitan.

 

Hewan Paling cerdas


Simpanse (Common Chimpanzee)














Binatang ini bisa ditemukan di hutan-hutan tropis, khususnya di Afrika Barat dan Tengah. Simpanse dengan cepat belajar tentangsegala sesuatu, dia bisa mengatur apa yang akan dilakukannya. Dia juga punya memori lebih baik di banding binatang lain manapun. Berbagai percobaan menguji kecerdasan simpanse telah dilakukan. Binatang ini bahkan bisa diajarkan cara menggunakan komputer juga memecahkan soal-soal hitungan. Simpanse dengan cepat bisa menyesuaikan diri dan mampu membaca bahasa isyarat yang diberikan manusia.

 

Hewan Paling Cepat di Darat


Cheetah

adalah mahluk hidup tercepat yang pernah hidup didaratan, bisa mencapai kecepatan 112 km/jam sampai 120 km/jam hanya pada lintasan sepanjang 460 meter (500 yard), kemampuannya berakselerasi juga tidak bisa ditandingi mahluk hidup apapun, cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 km/jam sampai 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik!!

 

Hewan Paling Cepat di Air


Sailfish (Istiophorus platypterus)

memiliki kecepatan berenang 110 km/jam (68 mph). Mengalahkan pesaingnya, Marlin yang hanya bisa berenang secepat 80 km/jam (50 mph).

 

Hewan Paling Cepat di Udara


Spine-tailed swift (Hirundapus caudacutus)

dapat terbang dengan kecepatan 171 km/jam (106 mph). Mengalahkan pesaingnya, burung frigate yang hanya dapat terbang dengan kecepatan 153 km/jam (95 mph).


Hewan Paling Lambat di Dunia

Siput















menjadi binatang paling lambat di dunia. Dia hanya memiliki kecepatan maksimum 0,03 mph. Hal ini membuat mereka mudah untuk ditangkap sejak zaman prasejarah. Tubuh lunak berlendir siput rentan terhadap pengeringan, sehingga siput hidup terbatas pada lingkungan lembab dan harus mundur ke tempat persembunyian ketikacuaca basah ke kering.

 

Hewan Paling Kuat


Kumbang Badak (Rhinoceros Beetle)

sang Herkules di dunia serangga karena mampu mengangkat beban hingga 850 kalilipat dari berat tubuhnya. Jadi jika diibaratkan manusia dengan berat 60 kg maka akan dapat mengangkat beban seberat 51 ton.

 

Hewan Paling Rakus


Ulat Bulu (Caterpillar)















dapat menghabiskan berlembar-lembar daun setiap harinya.Bahkan ulat bulu dalam jumlah yang banyak dapat menghabiskan satu pohon dalam waktu singkat. Ulat bulu dapat memakan daun dengan berat sampai 10 ribu kalilipat berat badanya dalam tempo kurang dari 20 hari.

 

Hewan Paling Langka


 
 
Kura-kura Galapagos (Lonesome George)












adalah individu terakhir yang diketahui dari Pulau Pinta Tortoise, subspesies Geochelone nigra abingdoni, salah satu dari sebelas subspesies kura-kura Galápagos asli Kepulauan Galapagos.George diperkirakan berusia 60-90 tahun, dan berada dalam kesehatan yang baik. Dia telah dicap sebagai makhluk paling langka di dunia, dan merupakan simbol kuat upaya konservasi di Galápagos dan internasional. George pertama kali dilihat di Pulau Pinta pada tanggal 1 Desember 1971 oleh ahli biologi Amerika Yusuf Vagvolgyi. George dikandangi dengan dua perempuan dari subspesies yang berbeda, tetapi walaupun telur telah diproduksi, tidak ada yang menetas. George masuk dalam daftar binatang yang telah punah di alam (extinct in the wild). Dia satu-satunya dari subspecies Geochelone nigra abingdoni yg masih hidup di bumi.

 

Hewan Paling Panjang Umur


Quahog (Marine Clam)

adalah binatang yang bisa betahan hidup hingga 200 tahun. Maka dengan ini, ia mengalahkan 2 pesaingnya yaitu kura-kura raksasa (Giant Tortoise) yang hidup hingga 150 tahun dan kura-kura Yunani yang hidup hingga 110 tahun.

 

Hewan Paling Tahan di Tempat Ekstrim


Tardigrade atau water bear

dapat bertahan 1000x lipat terhadap radiasi dibandingkan binatang lain dan juga manusia, bahkan mereka bisa hidup pada suhu minus 272 derajat celcius dan juga suhu sepanas 151 derajat celcius. Bukan hanya itu, bahkan binatang ini bisa bertahan lama tanpa air, dan juga sanggup hidup di ruangan hampa udara selama 10 hari.

 

Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam


Elang (Accipitridae)












Mata elang memiliki sudut penglihatan 300 derajat dan dapat memperbesar bayangan sekitar enam hingga delapan kali. Elang dapat melihat tanah seluas 30.000 hektar ketika terbang pada ketinggian 4.500 meter. Ia juga dapat dengan mudah melihat seekor kelinci yang bersembunyi di antara sela-sela rumput pada ketinggian 1.500 meter.

 

Hewan dengan Penciuman Paling Tajam


Ngengat Indian Moon

Bukan anjing, bukan hiu atau binatang pemangsa/predator lainnya. Binatang dapat mencium bau paling jauh adalah ngengat. Faktanya dia bisa mencium bau feromon yang potensial milik lawan jenisnya pada jarak enam mil lebih.
>>Source<<

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Twitter Bird Gadget